RESUME MENULIS GEL 17

Rabu, 31 Maret 2021

Blog, Buku, Dan Bunga

 







Tema kegiatan Kamis Menulis adalah ABC Lima dasar apa itu? sedikit bingung nih apa sih? Saya baca ketentuan yang di tulis di WAG,,,oh,,,ternyata kata yang ditentukan berdasarkan huruf, dan tibalah waktu undian,,,taraaaa,,,,ternyata yang keluar adalah hurup B. Mau nulis apa ya?????? dan pilihan akhirnya aku mau buat curhat saja,,he,,he,,nulis yang ringan-ringan saja karena sekarang ini aku lagi sibuk banget membuat soal US, mempersiapkan resume untuk di jadikan buku,semoga walaupun masih bingung, mau diapakan itu tulisan dalam bentuk resume yang sudah menumpuk di blog.

Semua berawal dari keinginanku untuk membuat PTK sebagai dasar untuk kenaikan golongan ke IV a. Alhamdulillah waktu kenaikan golongan ke 3d aku berhasil membuat dua PTK dan lolos. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika apa yang dikerjakan oleh kita mendapat apresiasi dari orang lain. Aku termasuk orang yang suka tantangan walaupun terkadang suka nggak percaya diri. Jadi ingat waktu daftar ikut lomba blog di bulan Februari. Ada keinginan untuk mengikuti lomba baru dua hari posting di akun YPTD tiba-tiba sedang semangat-semangatnya akun YPTD tidak bisa di buka lagi. Dan aku pun binggung, akhirnya minta password baru tetapi tidak bisa dibuka lagi. Sudahlah aku pasrah dan menyerah.

Hanya jadi penonton sejati ketika baca Blog teman di akun YPTD, aku masih bisa baca blog teman tetapi tidak bisa memberi komentar karena harus login akun. Bulan Februari berlalu begitu saja walaupun aku tetap menulis itupun hanya menyelesaikan tugas resume untuk pemenuhan tugas Pelatihan Menulis Gelombang 17. Aku mengikuti kegiatan kamis menulis walaupun pernah beberapa kali tidak ikut menulis. Kenapa harus menulis, kenapa betah berlama-lama di depan layar laptop??? berbagai pertanyaan datang dari orang-orang terdekat, termasuk dari suamiku dan anak-anakku. Sebetulnya dari dulu juga suka menulis cuma masalahnya kalau dulu tidak ada target dan hanya sebatas menyelesaikan pekerjaanku sebagai guru saja. Nah sekarang setelah aku berkenalan dengan para sahabat di seluruh nusantara ternyata kegiatan menulisku menjadi semakin kuat. Seperti ada dorongan yang sangat kuat dalam diri ini. Walaupun persahabatan kita hanya di dunia maya, tetapi sangat luar biasa banyak keajaiban yang datang, mengapa begitu? terus terang ternyata betul kata pepatah "Yang dekat menjauh, yang jauh mendekat" itu yang aku rasakan. Ketika tulisanku di Blog ada yang memberi  komentar, luar biasa senangnya jadi ingat waktu ABG ketika kita menunggu surat balasan dari sicinta,,he,,he,,. Dan akan sedih ketika tulisan di blog tidak ada yang mau mampir walau sekedar membacanya. Ya begitulah Blog sebagai sebuah aplikasi yang dapat merekam semua jejak tulisan kita. Luar biasa semua tulisan yang pernah kita tulis ada semua di sana dan dapat kita baca lagi. Dan ada kejutan, ternyata ada yang memberi komentar di kolom komentar, luar biasa senangnya. Jejak komentar para sahabat di jadikan masukan yang sangat berarti dan ajaibnya itu semua biasa meningkatkan imun aku.

Dari Blog jadi Buku ? wah,,, menarik sekali nih bisa jadi sebuah tantangan. Bisa nggak ya? selalu kata-kata itu yang muncul dalam hati. Suami selalu memberikan dukungan, para sahabat mayaku juga tidak bosan-bosannya selalu memberikan semangat. Banyak kendala terutama kendala teknis yang paling sulit. Suka mau nangis, ide buat menulis sudah banyak, pas mau menulis ternyata laptop error, tabletku rusak di lempar sama sibungsu, hpku nggak boleh dipakai karena dipinjam sama sibungsu,,,ya sudah pasrah deh. Kalau sudah begini biasanya aku langsung melihat bunga-bunga yang di tanam di depan halaman rumahku. Ada beberapa tanaman warung hidup juga, ada kunyit, jahe, pandan wangi, cabe keriting, cabe rawit, semua menghiasi halaman rumahku. Kasihan bungaku dan tanaman yang lainnya terkadang tidak terpelihara. Kalau sudah duduk di halaman rumah dan bersantai sejenak ada rasa nyaman apalagi sambil melihat bunga, rasanya senang sekali, semua akan hilang perasaan kesal, sedih. Terima kasih bungaku yang tidak lelah berbunga walau terkadang  aku abaikan. Senang rasanya lihat bunga bermekaran di halaman rumah dengan warna-warni. Alhamdulillah cabe juga sudah dapat di panen walaupun hanya cukup untuk dikonsumsi sendiri untuk membuat sambal. Begitu luar biasa ciptaan Sang Maha Kuasa.

Jenuh, malas adalah penyakit yang harus di hindari, karena semuanya akan membawa dampak buruk pada diri kita. Ada rasa iri ketika di WAG para sahabat memperlihatkan buku karyanya. Bagiku semua itu di jadikan motivasi dan lecutan agar aku semakin konsisten menulis dan segera meneruskan dan menyelesaikan target. Ketika rasa malas muncul, biasanya aku langsung jalan-jalan ke Blog teman-teman. Ada yang di Blogger, Wordpress, Gurusiana, Kompasiana, bahkan aku juga tergabung di grup Cerpensiana dimana para guru IPS senusantara berkumpul.  Bahkan kalau lagi kangen dengan dosenku atau teman -teman lamaku, langsung berselancar saja di Blog nya. Betul-betul  sangatluar biasa dari kegiatan menulis ini. Betul kata para narasumber "orang yang rajin menulis harus rajin membaca". Dengan membaca aku jadi banyak sahabat maya, kalau dulu sahabat pena namanya. Aku dapat saling bertegur sapa, saling diskusi, saling memotivasi. Alhamdulillah aku bersyukur masih bisa mengikuti perkembangan zaman yang luar biasa di mana teknologi informasi sangat cepat. Aku menyadari bahwa ilmuku tentang IT masih proses belajar, tetapi di situlah tantangannya, aku harus mengikuti berkembangan agar bisa bersaing dengan teman-temanku.

"Buku adalah mahkotanya penulis" itu yang selalu diucapkan oleh Pa Thamrin Dahlan dari YPTD. "Menulislah setiap hari nantikan keajaibannya" kata OmJay dan bebeapa kata-kata motivasi dari para penulis handal. Semua dijadikan bahan acuan agar aku bisa seperti mereka. Bahkan ada lagi kata-kata motivasi dari Bu Lilis narasumber tadi malam di kegiatan pelatihan menulis gelombang 17 "Menulis Buku Semudah Membuat Ceplok Telur". Sangat luar biasa.  Terimakasih banyak untuk para narasumber yang telah membagikan ilmunya.  Materi dari para narasumber akan dijadikan modal untuk mewujudkan cita-citaku. Semoga aku bisa mewujudkan semua mimpi-mimpi dan menghasilkan karya yang luar biasa. Langkah pertama aku mewujudkan tulisan menjadi buku adalah dengan bergabung bersama para sahabat guru hebat dalam membuat buku Antologi di bawah bimbingan Bu Kanjeng. Alhamdulillah sudah ada 4 buku antologi. Ada satu kebanggaan ketika aku memberikan kado buku sebagai ucapan terimakasih kepada kepala sekolah yang harus pindah tugas. Dengan berkaca-kaca aku ucapkan terimakasih kepada beliau karena beliau adalah salah satu orang yang slalu memotivasiku. Kebetulan pas acara itu hadir juga Ibu Pengawas Pembina, dan beliau sangat mengapresiasi karyaku.  Semoga suatu hari nanti aku bisa memegang buku hasil karyaku sendiri,,,Aamiin. Mohon doanya dari sahabatku semuanya.







################KamisMenulis##########################




54 komentar:

  1. Bu Ai hebatttt... tulisannya keren. Kyknya nulisnya udah dari hati tuh, ngaguluyur bacanya enak. Ayo semangat biar jadi buku banyak.

    BalasHapus
  2. Wah, yang kata huruf B, dikasih tebal! Berarti sudah sesuai dengan tantangan Kamis menulis hari ini! Hehe..

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Terimakasih sahabatku, biarkan aku menyusul kesuksesanmu

      Hapus
  4. Terimakasih sahabatku semuanya, sudah berkunjung dan membaca curhatanku. Terimakasih doanya

    BalasHapus
  5. Tulisannya mantaaap bu ai. Semangat terus wujudkan ekspektasi menulis buku solonya yah..

    BalasHapus
  6. Semangaaaaatttt Bu...hal yang sama juga saya rasakan...😄😄

    BalasHapus
  7. mantap. PTKnya bisa dijadikan buku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap masuk dalam rencana jangka panjang.he..he..

      Hapus
  8. Mantap. Yu kita lanjutkan buku solo kita Mba Ai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap lanjutkan...kita melangkah bersama, sukses bersama.

      Hapus
  9. Sangat memotivasi,,,terima kasih kakak

    BalasHapus
  10. Menulis buku bagai ceplok telur...
    Luar biasa... kalimat yang sederhana namun penuh gairah untuk melakukannya..

    Terimakasih Bu Ai Drumband

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah membuat saya semangat untuk menulis di blog dan membuat buku, semoga terlaksanakan. Aamiin

    BalasHapus
  12. Ayo ceplok telornya segera dieksekusi menjadi buku solo. Semangat.

    BalasHapus
  13. Tulisannya bagus sekali bu. smg bs nular ke sy ilmunya dan ide2 nya Aamiin

    BalasHapus
  14. Luar biasa bu.. Sukses ya.. Bagus nulisnya

    BalasHapus
  15. Tulisanya bagus Bu,tetap semangat ibu guruku...

    BalasHapus
  16. Semangat terus ibu💪😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih,,,sayang,,,ayo kita belajar berliterasi lewat Blog

      Hapus
  17. Semangat terus ibu guru ku❤❤

    BalasHapus
  18. Hebatt ibuu💗tetap semangatt ibu!🥰

    BalasHapus
  19. Pasti bisa, Bu Ai. Semangat berkarya!

    BalasHapus
  20. Semangat Bu AI pasti muncul karya Solonya. Saya contohnya.....mulai saja dari membuat buku dari 2 ptknya....kan sekaligus jadi 2 buku solo. Contoh Ambu Tini.....

    BalasHapus
  21. Saya pun memiliki keinginan yang sama

    BalasHapus
  22. Ibu sudah punya bank tulisan tinggal di eksekusi saja Bu Ai

    BalasHapus
  23. Mantaapks..makin kereen tulisan nya bu Si..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar Bu....kita belajar bersama di grup ini bu

      Hapus
  24. Kumenanti buku solonya Bund. Semoga suksex selalu.

    BalasHapus

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri