RESUME MENULIS GEL 17

Senin, 11 Januari 2021

Semangat Belajar





 Ada istilah "Semakin kita belajar  maka akan semakin kita merasa bodoh" itulah yang terjadi dengan diri ini. Kenapa begitu??? Ini dikarenakan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju. Belum lagi perkembangan IT yang semakin hari semakin canggih. Kalau kita tidak mau mengikuti perkembangannya, sudah pasti kita semakin tertinggal. 

Ini pengalaman saya menulis diblog, secara ini adalah hal yang baru saya tekuni. Belajar sendiri, mencari sumber agar tidak semakin terlihat gaptek. Alhamdulillah banyak teman yang dengan suka rela berbagi ilmunya. Besar semangat saya untuk bisa, cuma sering terkendala dalam IT. Apalagi kalau saya buka blog teman-teman KSGN, woww luar biasa, keren, materi tulisannya juga sudah rapi. Belum lagi mereka sudah bisa membuat vlog. Video pembelajaran yang bagus. Sudah barang tentu bukan hal yang mudah. Semua memerlukan niat yang kuat disertai dengan keinginan untuk belajar.

Semakin hari saya merasa semakin bodoh Kenapa begitu???

Saya menyadari bahwa menulis dijaman milenial ini sangat luar biasa. Semua ditunjang dengan berbagai IT yang serba canggih. Kegiatan menulis bukan saja kegiatan merangkai untaian kata yang akan menghasilkan tulisan yang bagus. Dan tulisan akan enak dibaca.

Saya sangat menyadari sangat sulit untuk memulai sesuatu. Saya memiliki alat untuk menunjang kegiatan menulis sudah lama. Hanya baru sebatas bisa mengetik saja. Tidak pernah dikotak- Katik, karena saya takut nanti laptop rusak. Secara kalau mengotak-ngatik laptop harus memerlukan waktu lama dan harus tekun dan semangat ingin belajar. 

Saya ingat ketika masih kuliah S2 pada tahun 2013. Semua kegiatan perkuliahan selalu menggunakan IT. Berjibaku saya mengikuti perkuliahan, berusaha untuk bisa. Alhamdulillah walaupun jauh dari kata sempurna, setiap ada kegiatan presentasi selalu mendapatkan apresiasi bagus dari dosen. Saya menyadari powerpoint, materi, publik speaking masih tahap biasa-biasa saja. Semua pencapaian diri masih jauh dari kata sempurna. 

Apalah diri ini kalau tidak bisa belajar, akan semakin tertinggal. Dan hanya bagi orang-orang yang mau belajar, maka mereka tidak akan ketinggalan jaman. Belajar sepanjang hayat itulah moto saya. Belajar dari berbagai sumber, bergabung digrup menulis, jaga tali silaturahmi, berguru pada ahli. Itu adalah cara agar saya bisa bertahan dalam kegiatan pelatihan menulis ini.

"Teruslah menulis, dan rasakan apa yang akan terjadi" itulah yang selalu digaungkan oleh Om Jay selalu guru saya. Ada beberapa kendala saya dalam kegiatan menulis :

1. Waktu,  Saya harus belajar mengelola waktu agar bisa fokus dikegiatan menulis dan bisa menghasilkan tulisan yang bagus. Semoga bisa menghasilkan karya dalam bentuk buku.

2. Fasilitas, ini juga tidak kalah penting. Tanpa adanya fasilitas yang memadai rasanya mustahil saya bisa berkarya. Fasilitas bisa berupa notebook, laptop, Hp Android, kuota, jaringan internet.

3. Penguasaan teknologi. Secara kegiatan menulis tidak terlepas dari IT.

Ini adalah renungan diri saya, selama mengikuti kegiatan ini. semoga saya bisa mencapai tujuan akhir dari kegiatan pelatihan menulis bareng Om Jay. Pengalaman adalah guru terbaik. Jangan bosan untuk mencoba agar kita menjadi bisa. Tetap semangat belajar sepanjang hayat, jangan lupa untuk bertanya.

6 komentar:

  1. keren bu Ai sudah mengalir bagaikan air idenya

    BalasHapus
  2. Mantap Mba Ai. Memang benar IT sangat besar peranannya untuk perkembangan kita. Terutama berhubungan dengan pekerjaan kita sebagai guru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali, saya merasa semakin tertinggal kemampuan IT harus selalu belajar lagi.

      Hapus

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri