RESUME MENULIS GEL 17

Senin, 11 Januari 2021

Kekuatan Silaturahmi


#3 Resume dengan Bu Kanjeng






Hari ini adalah pertemuan ke 3 kelas online kegiatan pembelajaran pelatihan belajar menulis. Dengan nara sumber Bu Sri Sugiastuti, M.Pd dengan tema "Menulis Dengan Kekuatan Silaturahmi".
Saya mengenal beliau semenjak saya bergabung di WAG pelatihan belajar menulis. Saya kagum ketika pertama kali saya gabung  di grup dan memperkenalkan diri. Beliaulah yang pertama menyapa saya dengan penuh kelembutan. Dengan kata-kata yang santun dan enak, beliau selalu memberikan semangat kepada kami para penulis pemula.

Banyak orang yang mengatakan bahwa menulis adalah bakat. Belum menulis sudah menyerah. Mindsetnya yang harus dirubah. Kalau belum apa-apa sudah bilang tidak bisa pasti sampai kapanpun tidak akan bisa. Itu saya alami ketika waktu kuliah S1 pada saat pengajuan proposal skripsi, saya berpikir keras bagaimana saya harus bisa menyelesaikan skripsi. Saya banyak menghabiskan waktu di perpustakaan membaca buku-buku referensi, membaca skripsi punya orang lain. Akhirnya terlintas ide untuk menulis. Saya banyak bergabung dengan kakak tingkat dan banyak diskusi dengan dosen pembimbing, diskusi dengan teman. Bahkan kalu saya tidak bisa IT , ingat zaman itu masih memakai sistem DOS dan memakai disket dan masih banyak rental komputer. Saya sering menghabiskan waktu di tempat rental komputer, karena kebetulan yang punyanya baik, mau mengajarkan kepada saya ketika mengalami kesulitan. Dan ternyata itulah silaturahmi yang saya bangun waktu itu. Apa tujuan saya menulis ? Jawabannya ingin segera menyelesaikan skripsi. Begitupun ketika saya menyelesaikan kuliah S2. Tetap pada tujuan utama menulis waktu itu ingin menyelesaikan tesis. Jadi intinya kalau mau menulis, ya harus punya tujuan utama agar kita tetap fokus.

Pada kesempatan pelatihan online kali ini, nara sumber membuat tema "Menulis dengan kekuatan silaturahmi". Dan ini sangat luar biasa saya rasakan. Beliau sudah mampu menghasilkan banyak buku, dan semua bukunya masuk kategori bestseller. ini adalah beberapa buku karyanya. 


Selain buku di atas beliau juga banyak membidani lahirnya buku antologi. Kenapa buku antologi? Karena buku antologi adalah kumpulan  hasil karya beberapa penulis dengan menentukan satu tema yang sama. Buku Antologi dibuat oleh 30 orang penulis. Inilah yang di maknai sebagi silaturahmi oleh beliau. Kita bergabung dalam buku Antologi secara tidak langsung kita menjalin hubungan tali silaturahmi dengan para penulis. Di grup WA ini sebagian besar adalah guru yang memiliki keinginan untuk berkarya lewat tulisan. Berbeda usia, jenis kelamin, adat istiadat, agama, ras, prestasi, bersatu disini untuk saling berbagi ilmu. Suatu kebangaan bagi penulis apabila hasil karyanya mendapat apresiasi dari pembacanya. Penulis memiliki gaya masing-masing. Ada beberapa penulis yang menulis tentang Pendidikan, Politik, Puisi, Sosial, Kebudayaan, Teknologi, Sains, Kesehatan, Hobi. Itu bisa dijadikan silaturahmi apabila kita mau dan senang membaca blog teman-teman. Orang yang sering menulis sudah pasti harus rajin membaca.

Ada beberapa pertanyaan diantaranya:
  1.  Bagaimana cara membuat buku antologi?
  2.  Bagaimana cara membuat resume yang baik ? 
  3.  Bagaimana cara menggabungkan tulisan di blog agar bisa dijadikan buku ?
  4.  Bagaimana syarat membuat buku ?
  5. Seberapa efektifkah Buku Antologi bagi penulis pemula?
Inilah jawaban dari nara sumber
  1. Cara mebuat buku antologi yaitu dengan cara menentukan tema , jumlah penulis 30 orang dengan berbagai judul naskah yang berbeda.,Naskah dikumpulkan oleh kurator. Diskusi masalah pembuatan desain cover buku, biaya, pemberi kata pengantar. Gabung dalam WAG agar terjalin komunikasi. Adanya ketentuan yang harus ditaati oleh semua anggota yang tergabung dalam buku antologi. 
  2. Cara membuat resume yang baik adalah membuat resume dengan bahasa sendiri angan terlalu banyak copas. Sehingga terlihat keterampilan dari penulisnya. 
  3. Cara mengabungkan tulisan di blog agar menjadi buku adalah dengan cara memisahkan tema blog kita misal, Sastra, Politik, Cerpen, Pentigraf dll
  4. Syarat membuat buku adalah Naskah harus berupa tulisan asli kita, belum pernah diikut lombakan, Cari judul yang menarik agar pembaca tertarik, buat desain cover buku yang bagus, Ukuran kertas A5 min 75 halaman agar buku mempunyai ISBN.
  5. Buku Antologi sangat efektif bagi penulis pemula karena memacu untuk menulis dan berkarya bersama.
Dengan kekuatan silaturahmi akan menghasilkan karya nyata berupa buku. Kita saling mengenal di dunia maya walaupun hanya saling menyapa diudara, tetapi karena kekuatan ikatan bathin kita yang sangat kuat pada dunia menulis, itulah yang menjadi alasan utama saya bergabung digrup ini. Terimakasih bu, selalu memberikan motivasi, bimbingan dan arahannya.Sukses sendiri biasa, sukses bersama-sama  adalah luar biasa.

Purwakarta, 12 Januari 2020
Salam literasi


#Resume Pelatihan Gel.17
#11Januari AISEI WrittingChallange


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri