RESUME MENULIS GEL 17

Sabtu, 09 Januari 2021

'Tiada Hari Tanpa Menulis

 #Resume ke 1






Malam ini adalah merupakan awal pembelajaran pelatihan menulis gelombang 17. Saya tergabung di gelombang 16 tapi karena saya gabungnya pas dipenghujung kegiatan gelombang 16 maka saya akhinya masuk ke gelombang 17. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Pada awal masuk grup pelatihan bareng Om Jay saya masih binggung belum bisa mengikuti kegiatan secara serius.  Nara sumber kali ini adalah : Wijaya Kusumah M.Pd (Om Jay) beliau adalah seorang motivator, Trainer, Guru blogger Indonesia, Founder KSGN, Founder Kelas Menulis PGRI, Guru TIK di SMP Labschool Jakarta, sekaligus penulis buku.  Semenjak beliau memiliki blog pribadi di internet, beliau berusaha kuat setiap hari menulis. Adanya blog membuat beliau semakin komitmen untuk menulis. Beliau sudah memiliki blog sejak 13 tahun yang lalu. Menulis dan membaca adalah dua kegiatan yang tidak dapat dpisahkan. Tak ada penulis yang tidak rajin membaca.  Lewat tulisan yang saya baca, saya semakin mengenal beliau. Serasa sudah dekat dengan beliau padahal pertemuan kita baru dua bulan. Saya ingat perkenalan dengan beliau lewat kegiatan APKS PGRI sekitar bulan November. Beliau yang memperkenalkan saya kedalam dunia penulis. Dan ternyata luar biasa, saya digrup ini banyak bertemu dengan orang-orang hebat dan mereka semua rata-rata sudah menghasilkan karya berupa buku. Nah saya siapa? bukan siapa-siapa?, tidak bisa apa-apa?. Sempat muncul keraguan dalam diri untuk mundur dari grup. Tetapi saya mencoba belajar, mulai membaca blognya beliau. Terpikir saya mau juga buat blog. 

"Menulislah Tiap Hari Dan Rasakan Apa Yang Terjadi"

Inilah yang selalu didengungkan oleh beliau kepada para pemula seperti saya. Kalimat sederhana namun penuh makna. Saya pribadi pun berpikir, apa betul akan terjadi ?. Kalau tidak dikerjakan kapan mau melihat pembuktiannya. Awal menjadi penulis adalah membuat blog agar tulisan kita dapat dibaca orang. Banyak sekali pemikiran yang muncul sebagai penulis pemula di antaranya :

1. Tidak bisa menulis, tulisannya biasa saja

2. Tulisannya takut tidak menarik, takut tulisan menyinggung orang lain dll.

3. Tidak bisa menggunakan IT alias gagal teknologi

4. Apa manfaat dari menulis

5. Apa tujuan dari menulis

Itu hanya sebagian dari permasalahan yang dihadapi penulis pemula seperti saya. Untuk memulai sangat berat sekali, Saya sebetulnya telah lama ikut kelas pelatihan menulis dari tahun 2012 ketika saya masih kuliah Pasca Sarjana. Bahkan nara sumbernya juga sangat akrab dan kami sering diskusi. Tetapi tetap saja pada waktu itu baru sampai menulis curat-coret di buku saja.

Besar harapan saya bahwa tujuan utama bergabung bersama Om Jay di grup ini adalah untuk menerapkan komitmen untuk selalu menulis setiap hari. Semoga Sang Maha Kuasa mengizinkan keinginanku. Saya sangat menyadari sebagai penulis bukanlah pekerjaan mudah, apalagi saya sangat lemah pada bidang IT.



#Resume Kegiatan Menulis Gelombang 17

1 komentar:

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri