RESUME MENULIS GEL 17

Senin, 22 Maret 2021

Perpisahan Yang Tidak Bisa Dihindari

 



Dalam setiap rangkaian kehidupan manusia selau ada yang namanya perpisahan. Perpisahan  dapat terjadi dimanapun, siapapun, kapanpun  yang bisa di sebabkan oleh beberapa sebab diantaranya:

- Pindah tempat tinggal

- Menikah

- Pindah tempat tugas

- Kematian

Perpisahan bisa terjadi sementara atau mungkin perpisahan untuk selamanya. Seperti hari ini, saya di sibukan dengan berbagai kegiatan di sekolah yang berkaitan dengan perpisahan. Di waktu yang bersamaan saya mendengar kabar bahwa salah satu orang tua murid ada yang meninggal dunia. Saya bergegas dengan beberapa guru bertaziah. Terlihat siswaku sangat terpukul dengan kepergian ibunya. Inilah perpisahan yang akan sangat menyakitkan bagi siapapun.

 Kali ini saya harus berpisah dengan Kepala Sekolah yang sudah bertugas dan mengabdikan diri di sekolah saya selama 6 tahun. Bukan waktu sebentar  untuk kami bersama-sama dalam suka maupun duka. Begitu banyak kenangan yang tidak dapat di lupakan. Saya pribadi termasuk guru yang sangat banyak maunya, sering memberikan masukan demi kemajuan sekolah. Bapak Kepala Sekolah termasuk pribadi yang sangat santai, enak di ajak berdiskusi. Beliau sangat menyukai kebersihan, terkadang saya   suka jengkel  dan malu karena Bapak suka sekali menyapu di halaman kantor atau bahkan menyapu daun kering di bawah pohon sawo,  menyiram bunga. Kenapa saya jengkel ? Karena beliau tidak akan menyuruh orang lain, bahkan ketika di hadapan beliau ada pembantu. Bahkan beliau sering menyapu bersama dengan penjaga sekolah. Saya pribadi merasa malu. Beliau sangat menyukai kebersihan, bunga, taman semua berhasil di tatanya.  Dan ketika saya berbincang santai dengan beliau, saya pernah bertanya.

"Pa,,, kenapa nggak nyuruh saya atau guru yang lain atau siswa?" tanyaku ketika saya melintas di depan beliau.

Beliau tersenyum ketika saya bertanya seperti itu.

"Biarlah neng, Bapak olahraga, kan guru sedang sibuk mengajar"Begitu jawabannya.

"Ah,,,Bapak suka begitu" Jawabku.

"Kebetulan saya lagi jam kosong, Pa!" Jawabku.

"Biar sekarang sama Bapak saja" Jawabnya

"Bapak ada rencana mau mengganti bunga, membuang daun yang rusak, menambah tanah, besok" Sahutnya

"Saya bantu ya Pa!" Jawabku

"Kalau ada waktu boleh membantu bapak, kalau ada jadwal ngajar jangan, nanti anak-anak pada kabur" Jawabnya

"Insyaallah besok setelah jam istirahat saya ada jam kosong sampai jam pulang, saya bisa bantu Pa" Sahutku panjang lebar

"Besok bapak belanja keperluannya"Jawab beliau

Akhirnya ke esok harinya kamipun bersama-sama mengurus bunga, dan semua tanaman tidak ketinggalan guru yang lain pun ikut serta. Kalau sudah urusan bunga, maka suasana akan mencair. Kalau sudah begini kita akan lupa kata cape walaupun kami ujung-ujungnya minta di buatkan nasi liwet sama Bi Eneng. Kamipun akhirnya mayoran atau botram. Sekolah kami menjadi sangat  luas dan sangat nyaman bahkan pernah di ikut sertakan dalam Lomba Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten. Alhamdulillah sekolah kami menjadi juara ke 3. Semua berkat kerjasama yang kompak dengan semua pihak  disekolah kami.

Banyak sekali kenangan saya dengan Kepala Sekolah berkaitan dengan kebijakan. Apalagi saya selaku pembina eskul drumband yang selalu ingin mengikuti lomba. Dengan bijaknya beliau akan memberikan masukan kalau saya menghadapi kendala. Saya akan ikut lomba kalau ada dukungan dari beliau, saya tidak berani kalau beliau tidak menyetujui, terutama berkenaan dengan biaya. Piala terakhir yang saya persembahkan dari eskul yang saya bina adalah Juara Umum Drumband Tingkat SMP/Mts Tingkat Kabupaten tahun 2019. Alhamdulillah beliau sangat bangga karena sudah membawa nama baik sekolah. Di bawah kepemimpin beliau kegiatan eskul di sekolah sangat berkembang pesat, semua tidak terlepas dari keikutsertaan para siswa yang luar biasa.

Kebijaksanaan beliaulah yang selalu membuat saya maju dan mau mengembangkan diri Saya selalu meminta dukungan beliau ketika akan melakukan kegiatan apapun terutama yang berkaitan dengan pengembangan diri. Selama pandemi ini beliau selalu menguatkan para guru untuk tetap menjaga kesehatan dan tetap memberikan pelayanan kepada para siswa. Beliau sering mengingatkan saya untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang di laksanakan oleh dinas diantaranya : OGN (Olimpiade Guru Nasional), Guru Berprestasi (Gupres), Calon Kepala Sekolah (Cakep). Saya pun baru bisa mengikuti kegiatan OGN selama dua kali walaupun belum berutung, setidaknya pernah mencoba. Untuk Gupres dan Cakep insyaallah, karena saya harus menyiapkan diri lebih dahulu.

Tadi siang saya masih bisa berbincang dengan beliau, insyaallah  hari kamis kami semua akan mengantarkan beliau ke tempat tugas yang baru. Begitu berat hati ini akan berpisah, tetapi semuanya tidak bisa di hindari, kamipun harus rela melepas beliau. Ucapan terimakasih dari lubuk hati terdalam. Terimakasih sudah mendedikasikan diri di sekolah kami. Semua akan menjadi kenangan yang terindah dalam perjalanan sekolah kami. Saya pribadi akan selalu ingat wejangan dari beliau. Ada rasa sesal dalam diri saya. Sampai saat ini saya belum bisa menghasilkan buku tunggal, beliau selalu bertanya masalah buku, karena sebelum saya ikut serta dalam kegiatan menulis, saya minta saran terlebih dahulu kepada beliau. 

Sekolah kamipun harus kehilangan seorang guru, dikarenakan beliau menjadi kepala sekolah jadi harus pindah tugas. Beliaulah Pa Syahroni guru senior SBK yang telah sangat berjasa dalam karir saya selaku pembina drumband. Perpisahan memang tidak dapat di hindari oleh siapapun semua atas kehenda-Nya. Selamat jalan Bapak Sukiman S.Pd M.Pd dan Bapak Syahroni S.Pd M.Pd semoga semakin sukses di tempat tugas yang baru. Terimakasih atas semua dedikasinya. Jangan lupakan kami.

17 komentar:

  1. Luar bisa yah, pak Kepala sekolahnya. Ambu selalu terharu bila ada teman kasek yang memiliki visi seperti beliau, dan selalu ambu jadikan model untuk mengelola sekolah. Karena Ambu baru menjadi kasek junior.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya,,,saya sangat kehilangan beliau yang selalu di jadikan panutan.Saya paling suka kalau beliau sudah memberikan motivasi, bahkan beliau terbuka kalau saya japri, selalu bijaksana dalam mengambil keputusan, walau kadang terlalu baik, jadi ada guru yang suka melawan dari belakang.

      Hapus
  2. Perpisahan membuat kita sangat kehilangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih,,,nanti nggak ada yang nemenin saya ngurus bunga di sekolah

      Hapus
  3. Kepala sekolah yang perlu ditiru teladannya
    Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  4. Kepala sekolah yang perlu ditiru teladannya
    Terimakasih sudah berbagi

    BalasHapus
  5. Kepala sekolah yang menginspirasi ya Bu..

    BalasHapus
  6. Memang menjadi teladan kalau ada kepala sekolah yang begini, bagi guru dan para murid.

    BalasHapus
  7. Kehilangan orang-orang yang sangat menginspirasi sangat terasa sedihnya.

    BalasHapus
  8. Terimakasih sahabatku semuanya sudah mampir di blogku

    BalasHapus
  9. Kepala sekolah yang bisa memberikan teladan kepada guru-gurunya.
    Sukses ditemapt baru Pak Kepsek...

    BalasHapus
  10. Kepala sekolah yang bisa memberikan teladan kepada guru-gurunya.
    Sukses ditemapt baru Pak Kepsek...

    BalasHapus
  11. Semoga dapat ganti yang lebih baik lagi.

    BalasHapus
  12. 6 tahun belum begitu lama. Makanya rekan guru di sana merasa kehilangan. Kadang, kepala sekolah di suatu sekolah sampai puluhan tahun. Seperti zaman sebelum ada pembatasan jabatan kepsek. Terima kasih telah berbagi kenangan, Mbak selamat sore.

    BalasHapus

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri