RESUME MENULIS GEL 17

Senin, 01 Februari 2021

Curahan Hati Sang Pemula

 


    Tulisan ini dibuat sebagai cerita awal mula saya berkecimpung di dunia menulis, terutama dunia Blog. Di dalam Blog ini saya jadikan tempat untuk  menuangkan segala suka duka yang saya alami dalam keseharian .  Jujur terkadang saya malu kalau tulisan saya dibaca orang, apalagi yang saya tulis hanyalah sekedar tulisan biasa saja. Namun setelah saya tergabung di komunitas KSGN, Lagerunal,  Purbasari, semua hal itu hilang dengan sendirinya. Banyak komunitas grup yang saya ikuti dengan maksud untuk menambah pergaulan dan biar tidak ketinggalan zaman. Di gawai saya ada lebih dari 20 grup WA jadi sudah dipastikan rame sekali gawai dengan berbagai berita yang masuk. FB, IG saya jalani. Serasa menjadi sosialita kalau saya buka FB terus banyak yang komentar. Namun pada akhirnya saya harus menentukan pilihan, apalagi dengan adanya kegiatan PJJ online, sudah barang tentu gawai saya jadi penuh dan sudah jadi korban. Laptop kesayangan masih setia menemai walaupun sudah agak tertatih-tatih. 
    Berawal dari membaca informasi  WAG, diamati dan berdiskusi dulu dengan sang suami. Kenapa harus berdiskusi dulu, karena saya yakin akan banyak waktu yang tersita untuk selalu menulis di depan laptop. Suami pun setuju dan dia berkata "Selama kegiatannya bagus dan tidak banyak membuang waktu, yang paling utama bisa bekerja sambil mengawasi anak ."  Saya pun menyetujui ucapan sang suami. "Kalau  online harus selalu ada kuota " sanggahku
"Ya,,, sudah pasang saja Wifi, sekalian kan anak-anak juga membutuhkan." Jawab suami.
"Asyik,,, kita pasang  wifi" teriak kedua anakku
Alhamdulillah semuanya berjalan lancar. Wifi sudah ada, tinggal mengatur waktu, karena masih di sibukan dengan kegiatan PJJ. Pandemi membawa berkah, begitulah kiranya. Walaupun dalam hati kecil saya sangat tidak suka. Sebagai seorang guru yang begitu padat dengan kegiatan. Namun sekarang harus diam di rumah dengan tetap melaksanakan kewajiban sebagai guru.
Perkenalanku dengan OmJay berawal dari kegiatan Webinar APKS PGRI Nasional. Alhamdulillah sampai sekarang beliau selalu memotivasi saya untuk tetap menulis.
    Alhamdulillah saya sudah mulai berani menulis di Blog yang diadakan oleh komunitas Lagerunal ada beberapa kegiatan diantaranya : #Senin BlogWallking, #SelasaBerbagi, #KamisMenulis. Saya tergabung juga di kelompok Pelatihan Menulis PGRI Gelombang 16 masih saya ikuti walaupun membuat resumenya masih bolong-bolong. Aktif di komunitas AISE juga. Kenapa menulis saya masih bolong-bolong ? semua karena masalah waktu, saya sudah kuatkan niat untuk menulis ada saja kendalanya. Di antara kendala yang saya hadapi saat menulis : Kegiatan sebagai guru, Kegiatan sebagai IRT yang masih memiliki anak balita, Kendala jaringan. Seperti minggu di akhir Januari, keponakan masuk ICU, saya selaku ua nya harus mengurus keponakan yang sakit, alhamdulillah sekarang sudah keluar dari rumah sakit, sedang masa pemulihan. Sedih sekali minggu kemarin saya tidak ikut dalam kegiatan #Kamis Menulis dikarenakan posisi masih di rumah sakit.
    Banyak pengalaman gabung di komunitas ini, saya jadi berani menulis, belajar menulis dengan benar, mengerti blog. Dari semua tulisan saya kirim ke blog pribadi, Dan saya pun mencoba menulis di YPTD dan di WordPress. Lewat Blog saya belajar menghargai karya orang lain, dan belajar memberikan komentar tentang tulisan, memberi motivasi antar sesama anggota komunitas. Setelah 3 bulan bergabung di Blog, tulisan saya baru sedikit, tetapi yang paling banyak komentar kalau saya mengirimkan tulisan dalam bentuk puisi, pentigraf. Hasil kerja kerasku terbayar sudah dengan diterbitkannya buku antologi yang di bawah bimbingan Bu Sri Sugiastuti  ( Bu Kanjeng ). Buku Antologi yang pertama berjudul "Refleksi dan Resolusi Saat Pandemi (Antologi Puisi Pujangga Aksara)", Buku kedua " Patidusa Pujangga Wiyata (Antologi Puisi Nusantara Bergema)". Bangga rasanya ketika tercantum nama kita dalam sampul buku yang sudah ber ISBN. Bangga bersanding dengan guru-guru hebat dari seluruh nusantara. InsyaAllah dengan izin-Nya saya sedang menulis lagi untuk buku antologi. Semoga saya bisa menulis buku solo. Aamin,,, semoga.
Terimakasih untuk semua sahabat Blogger yang sangat saya banggakan, tidaklah berarti diri ini tanpa menghasilkan satu karya nyata. Begitu pun tulisan, semua orang bisa menulis, menulis apa pun, tetapi hanya orang-orang yang bekerja keras dan mau mengumpulkan sepenggal kisah dan berbagi ilmulah yang akan abadi. Lewat buku semua orang akan tahu siapa kita.

15 komentar:

  1. Setelah curhat pasti plong dan jam terbang menulis bertambah

    BalasHapus
  2. Betul kita disatukan lewat komunitas yangvluar biasa. Saling menyemangati dan saling berbagi.

    BalasHapus
  3. Tak hentinya rasa syukur krn bwrgabung dlm grup ini

    BalasHapus
  4. Terima kasih sudah membaca tulisan yang hanya sekedar curhatan saja.

    BalasHapus
  5. Bunda... Betul sekali menulis di blog. Kita bisa berbagi pengalaman kpd siapa saja yg berkunjung. Keren tulisannya

    BalasHapus
  6. Semangat menulis, nikmati prosesnya dan tunggu hasilnya.

    BalasHapus

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri