RESUME MENULIS GEL 17

Senin, 25 Januari 2021

Kumpulan Resume jadi Buku, Yang Luar Biasa





 

Inilah salah satu nara sumber yang sangat saya kenal, orangnya supel, ceria, sudah tentu pandai menulis. Apa pun bisa jadi ide untuk tulisannya.

Resume adalah sebuah ringkasan atau rangkuman materi. Saat membuat resume jangan hanya mengcopy seutuhnya materi dari narasumber. Dalam membuat resume hanya menentukan poin-poin yang dianggap penting saja. Kembangkan dengan bahasa sendiri agar resume lebih menarik. 

Ada 7 teknik menulis resume menjadi buku

  1. Mengumpulkan file dalam bentuk word
  2. Menentukan tema
  3. Membuat TOC (Table Of  Content)
  4. Mulai mengembangkan TOC
  5. Review, revisi dan edit naskah
  6. Lengkapi sinopsis buku
  7. Kirim ke penerbit
Ada beberapa tahap agar resume dapat menjadi buku diantaranya :
  1. Tentukan tema yang sama, lalu pisahkan menjadi bab.
  2. Rajin bersilaturahmi, jangan lupa share di komunitas dan media sosial.
  3. Untuk setiap resume tidak selalu harus dihubungkan dengan pengalaman pribadi penulis.
  4. Resume yang akan kita posting sebelumnya diedit terlebih dahulu.
  5. Resume yang akan masuk ke penerbit harus melewati beberapa tahap.
Kumpulan resume ...bisa jadi buku?? bagi saya rasanya tidak mungkin. Terkadang saya suka bingung ketika  blog yang saya posting  ternyata sepi komentar, jangankan komentar, dibaca pun tidak. Sedih rasanya terkadang membuat saya patah semangat. Kalau melihat pengalaman narasumber kali ini, sangat luar biasa. Beliau semangat untuk belajar, banyak teman yang selalu memberi dukungan.

Membuat buku ?? ada getaran dalam hati untuk mewujudkan cita-cita itu, semoga diberi kemudahan. Berbicara buku maka tidak akan terlepas dari penerbit. Ada dua jenis penerbit yaitu penerbit mayor dan penerbit indie. Lewat komunitas KSGN saya sudah dikenalkan dengan orang-orang hebat yang siap membantu kita untuk menerbitkan buku. tinggal niatkan dan fokus.  Ada penerbit indie yang menawarkan secara gratis yaitu YPTD dengan syarat harus menerbitkan 10 postingan. Sebagai pemula terus terang saya salut dengan kerja keras beliau.

4 komentar:

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri