RESUME MENULIS GEL 17

Jumat, 15 Januari 2021

Blog Sebagai Identitas Digital Guru Milenial


 #6  Belajar Blog dengan Cikgu Tere 




Ini adalah kegiatan pelatihan hari ke 6. Dengan narasumber yang sangat luar biasa. Beliau guru inovatif bahkan bisa disebut Guru Blooger. Pengalamannya menyebutkan bahwa dengan adanya pandemi ini kita sebagai guru dituntut untuk kreatif dan penuh dedikasi. Jangan berpangku tanggan meratapi bencana. Dengan menulis maka kita akan terus berkarya. Memasuki era abad 21 salah satu keterampilan yang harus dimiliki guru dan siswa adalah literasi digital. Sebetulnya pemanfaatan IT sudah jauh digunakan sejak awal tahun 1990. Semakin hari perkembangan teknologi semakin maju. Zaman awal saya menjadi guru, saya ingat kalau mau membuat rangkuman materi ataupun membuat RPP saya tulis tangan di buku tulis ukuran besar. Saya ingat sekali ketika dapat penghargaan dari Kepala Sekolah sebagai guru dengan administrasi paling lengkap. Saya suka senyum bangga kalau ingat waktu itu. Seiring berkembangnya perubahan zaman kita sebagai guru dituntut harus terampil IT. Dengan semangat saya belajar bagaimana caranya saya bisa membuat Powerpoint untuk media pembelajaran. Saya membuat ringkasan materi dan saya bagikan kepada siswa. Berbagai model dan media pembelajaran saya buat dan masih manual. Saya ingat bagaimana penuhnya meja saya dengan media pembelajaran. Tumpukan kartu-kartu soal dan jawaban. Bertumpuk buku latihan siswa. Itu dulu ketika semua  kegiatan pembelajaran masih berjalan dengan normal. Namun bencana ini telah mengubah semuanya. Pandemi Covid -19 banyak membawa dampak positif dan dampak negatif bagi kita semua.

Salah satu yang terdampak yaitu kegiatan pembelajaran, yang mengharuskan kita melakukan pembelajaran dengan sistem BDR, PJJ. Semua kegiatan ini tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi. Dulu Laptop, Hp , Wifi masih disebut barang mewah. Tetapi setelah masa pandemi ini, semua menjadi barang yang sangat dibutuhkan. Saya merupakan guru yang sangat strees ketika mulai diterapkan model pembelajaran BDR dan PJJ. Kenapa strees? karena semua butuh kesiapan dari semua pihak. Saya mensosialisasikan program BDR dan PJJ dengan cara door to door.

Melihat pemaparan dari nara sumber saya yakin, beliau juga perlu tenaga ekstra sehingga program BDR nya berhasil. Keahlian yang harus dapat dikuasai adalah IT. Tidak semua guru bisa memahami bagaimana cara kerja yang harus serba online, tanpa bertatap muka dengan siswa. Siswa pun begitu, tidak semua siswa  memiliki hp Android. Nara sumber kali ini menjawab bagaimana menanggani kegiatan pmbelajaran dengan menggunakan media Blog. 

 


 

Blog bagi saya merupakan hal yang baru. Untuk menerapkan media blog pada pembelajaran kita harus memperhatikan beberapa hal di antaranya :

  • Harus ada kesepakatan antara guru, siswa dan orang tua.
  • Pastikan semua siswa memiliki fasilitas (Hp, Internet, Laptop, Kuota, Wifi)
  • Pastikan semua siswa bisa mengoperasikan Hp Androidnya untu kegiatan belajar
  • Pastikan semua siswa sudah dapat mengakses aplikasi Google Drive
  • Guru harus mempersiapkan RPP daring atau kombinasi
  • Blog harus mengacu pada KD, Indikator dan Tujuan pembelajaran
Kalau semua persyaratan di atas telah terpenuhi, maka pembelajaran dengan media Blog akan terlaksana tanpa ada kendala. Selain sebagai media pembelajaran , blog juga bisa digunakan untuk kegiatan literasi. Guru dituntut untuk memiliki keterampilan literasi digital. Saya menyadari kalau saya belum jago dalam membuat blog. Blog saya belum berisi konten-konten yang menarik. Blog saya masih sebagai sebagai tempat curhat dan menulis puisi saja. Namun kedepannya saya bertekad harus bisa membuat buku solo dari kegiatan pelatihan ini. Tekad yang kuat dibarengi dengan ihktiar insyaallah akan mengdatangkan berkah. Semoga saya dapat mengikuti jejak nara sumber yang sudah banyak menghasilkan karya. Semoga.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri