RESUME MENULIS GEL 17

Kamis, 03 Desember 2020

Dunia Dalam Genggamanmu

     







    Hari ini tepat satu minggu saya bergabung di grup Guru Menulis Gelombang 16. Untuk tantangan menulis hari ini temanya adalah "Media Sosial" demikian berita di WA grup. Wow... tema yang sangat mudah dibaca tetapi perlu pemahaman yang tinggi. Baiklah...saya akan mencoba untuk menuangkan tulisan yang disesuaikamn dengan temanya. 

    Menurut Wikipedia Media Sosial adalah adalah media daring yang digunakan satu sama lain dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berinteraksi, berbagi dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu . Kalau melihat definisi diatas artinya semua orang bisa saling kenal dan saling menyapa tanpa kita tahu orangnya. Woowww,,,luar biasa sekali Informasi Teknologi ini. Saya bersyukur bisa menikmati hidup dijaman serba canggih ini. Dan semua ini harus kita ikuti alur perubahannya, kalau tidak nanti kita akan menjadi orang yang tertinggal atau Kudet (Kurang Update). Perubahan teknologi informasi setiap waktu terus berganti. Semakin lama semakin kita merasa tertinggal dan merasa bodoh apabila kita tidak mau belajar. Rasanya hampir semua orang yang hidup dijaman ini semua memiliki media sosial kecuali orang yang anti atau orang yang tabu. 

    Saya sendiri masih inggat pertama kali memiliki FB tahun 2010 itu pun di kasih tahu oleh suamiku. Awalnya aneh dan agak canggung. Waktu itu kalau tidak salah masih jamannya BB. Tampilan dilayar Hp jadi sangat meriah. Diman fungsi Hp sudah mulai bergerser bukan hanya bisa  mengirim SMS atau telepon saja tetapi  sudah bisa mengirim foto, video, bahkan video call dan berbagai fungsi yang serba  canggih. Dengan adanya media sosial maka rasanya jarak dan waktu begitu sempit, karena kita bisa berinteraksi dengan siapapun, dimana pun, kapanpun. Tidak terbayang oleh kita kalau dunia tidak ada internet. Sepertinya semua orang didunia akan sangat sedih. 

    Saya suka memperhatikan di dalam rumah saja. Dimana saya sekeluarga semuanya senang bermedia sosial. Anak sulung saya sukanya main Games dan suka Mabar (Main Bareng). Anak gadis saya yang beranjak remaja suka main IG dan suka main Tiktok. Suami saya suka dengan musik bahkan masuk grup karaoke dan aktif di FB. Saya sendiri termasuk yang tidak terlalu suka bermedia sosial paling-paling FB, WA dan sekarang mencoba Blog. Alhamdulillah berkat media sosial juga saya dapat bergabung di grup ini.

    Bisa dibayangkan bagaimana imajinasi masing-masing anggota keluarga saya. Bagaiman dengan mudahnya mereka semua dapat berselacar didunia maya hanya dengan satu sentuhan jari. Satu sentuhan jari, dan akan membuka cakrawala dunia. Tapi dibalik itu semua saya selaku orang tua tetap harus memantau kegiatan anak-anak bahkan suami saya. Bagaimana caranya?? Awalnya saya juga nggak tahu. Alhamdulillah ada teman saya yang bisa ngotak-ngatik IT. Bukannya saya tidak percaya kepada mereka , tapi saya jaga-jaga. Jangan sampai gara-gara bermain media sosial , keluarga jadi hancur, masa depan anak jadi hancur juga,,,Amit-amit jangan sampai. Disinilah saya harus berperan serta dalam menentukan pergaulan dan tumbuh kembang anak-anak saya. Apalagi anak yang bungsu juga sudah senang main Gadget.  Intinya bahwa cerdaslah dalam bermedia sosial. walaupun ada istilah "Dunia Dalam Genggamanmu" tetap kitalah secara pribadi yang harus bisa memilah dan memilih dalam bermedia sosial. Pergunakanlah media sosial untuk hal-hal yang baik dan yang dapat membantu kita.

11 komentar:

Posting Paling Populer

Latihan Mengoja Diri